Kamis, 27 Mei 2010

PENGERTIAN SENI TARI

Seni adalah pengalaman dalam bentuk medium indrawi dan ditata dengan rapi, yang diwujudkan untuk dikomunikasikan dan direnungkan. Seni adalah karya manusia yang dapat menimbulkan rasa senang dalam Rohani kita.

Menurut Herbert Read " Seni adalah suatu usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan". bentuk yang demikian itu memuaskan kesadaran keindahan kita dan rasa indah ini terpenuhi bila kita menemukan kesatuan atau harmoni dari hubungan bentuk-bentuk yang kita amati itu".
Keindahan adalah sesuatu yang menimbulkan rasa senang. dan Seni adalah keindahan.

Tari merupakan salah satu bentuk kesenian yang memiliki media ungkapnya gerak. karena tari adalah gerak-gerak yang indah, yang telah diberi ekspresi.
Gerak ekspresi adalah gerak yang indah yang bisa menggetarkan perasaan manusia. Gerak yang distilir mengandung ritme tertentu yang dapat memberikan kepuasan batin Manusia. Gerak yang indah bukan saja gerak-gerak yang halus saja, tetapi gerak2 yang kasar, kuat, penuh dengan tekanan-tekanan, serta gerak anehpun dapat menjadi gerak yang Indah.

Soedarsono mendefinisikan tari dengan " Tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan gerak-gerak ritmis yang Indah "
untuk menghasilkan gerak yang indah membutuhkan proses pengolahan atau penggarapan terlebih dahulu, pengolahan unsur keindahannya bersifat stilatif dan distortif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar